Senin, 06 Mei 2024

Pentingnya Ilmu Parenting (Bagi Ibu Muda Millenial)

Pentingnya Ilmu Parenting (Bagi Ibu Muda Millenial) 

Untuk menjadi orang tua yang baik di era millenial ini tidak cukup hanya dengan melahirkan dan menafkahi anak secara materi saja.

Anak-anak juga memiliki kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk membentuk karakter sekaligus mempersiapkan mereka menjadi anggota masyarakat yang baik dan benar. 

Parenting adalah salah satu komitmen bagi orang tua, termasuk ibu muda milenial, untuk menjadi orang tua yang baik yang kelak dapat mengantarkan anak-anak milenial mereka meraih kesuksesan di masa depan.

Parenting atau pengasuhan sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar mampu bertanggung jawab dan memberikan kontribusi sebagai anggota masyarakat.

Parenting atau Pengasuhan orang tua juga berarti pola interaksi antara anak dengan orang tua yang meliputi bukan hanya pemenuhan kebutuhan fisik (makan, minum, pakaian, dan lain sebagainya) dan kebutuhan psikologis (afeksi atau perasaan) tetap juga norma-norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat hidup selaras dengan lingkungan.

Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak.

Oleh karena itu ilmu parenting anak sangat penting untuk dikuasai oleh orang tua. 

Hal ini akan menghindarkan orang tua untuk menerapkan pola asuh yang salah yang dapat membuat anak kecewa kepada orang tua, atau lebih parahnya lagi akan dapat mempengaruhi masa depan anak.

Semoga Bermanfaat... 

In Frame
Berbagi Pengetahuan

Tidak ada komentar: