Kamis, 05 Oktober 2023

Pembentukan Karakter

Pembentukan Karakter

Berbicara tentang identitas, tidak hanya remaja, tetapi juga orang dewasa terkadang tidak dapat menemukan identitasnya sendiri. 

Pembentukan karakter memungkinkan kita untuk mengenali dan mengenal karakter satu sama lain dengan lebih mudah.

Nilai – nilai pendidikan karakter yang bisa diterapkan sejak dini yaitu :

1. Agama
Karakter religius dapat dicapai dengan taat menjalankan ajaran agamanya sendiri, bersikap toleran terhadap praktik peribadatan agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Contoh sehari-hari yang dapat diterapkan adalah mengerjakan shalat Dhuha dan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran atau shalat lainnya, tergantung agama siswa.

2. Kejujuran
Bagaimanapun, bersikap jujur ​​akan selalu membuat kita dapat dipercaya. Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari berlaku di mana-mana. Misalnya, jangan menyontek saat mengerjakan PR atau ulangan, dan selalu terbuka dengan orang tua.

3. Toleransi
Kita hidup di negara ‘Bhineka Tunggal Ika’ jadi sangat penting untuk bersikap toleran terhadap orang Indonesia lainnya. Contoh perilaku sehari-hari adalah tidak menyampaikan pendapat di atas kepentingan kelompok.

4.Disiplin
Sifat masyarakat yang disiplin memungkinkan mereka untuk menunjukkan perilaku tertib dan mengikuti berbagai aturan dan peraturan. Contoh sehari-hari yang bisa kita lakukan adalah mengikuti aturan cara berpakaian sopan di sekolah.

5. Kerja keras
Orang Indonesia tidak menyia-nyiakan usaha dan antusiasme dalam segala hal yang mereka lakukan. Sifat kerja keras ditunjukkan dengan selalu bersungguh-sungguh dan bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai rintangan dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif
Di era globalisasi, pemikiran kreatif sangat dibutuhkan, sehingga perlu diciptakan karya-karya inovatif yang bermanfaat bagi banyak orang tanpa terikat oleh bingkai.

7. Kemerdekaan
Orang harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri sehingga tidak mudah bergantung pada orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Contoh perilaku sehari-hari adalah mampu melakukan tugas Anda sendiri jika kita dapat melakukannya sendiri.

8. Demokrasi
Masyarakat Indonesia harus berwatak demokratis, contoh sederhana yang bisa kita lakukan adalah menyeimbangkan hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain.

9. Rasa ingin tahu
Kami sangat ingin tahu dan selalu ingin tahu lebih banyak tentang apa yang kami miliki dan apa yang bisa kami pelajari. Contoh yang bisa kita lakukan adalah terus belajar dan rajin dalam memperoleh keterampilan yang baik.

10. Semangat Kebangsaan
Sikap semangat kebangsaan ditunjukkan dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara Indonesia di atas kepentingan pribadi. Misalnya, menciptakan prestasi. 

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah..... 
#Salam Membangun Peradaban Dengan Keadaban.....
#Salam Perubahan, Menuju Kemajuan Dengan Tujuan..... 
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa.....

In Frame
Membersamai Taruna/i Dalam Pembentukan Karakter

Tidak ada komentar: