Rabu, 31 Januari 2024

MEMAHAMI: Konsep Takwa

MEMAHAMI: Konsep Takwa

Kehadiran Manusia di dunia adalah untuk ibadah. Dan, Manusia itu sendiri adalah salah satu makhluk ciptaan Allah paling istimewa. Sebab diberi bekal potensi, yang membedakan dibandingkan dengan makhluk lainnya. 

Untuk meraih kemuliaan itu tentu tidak semudah membalikkan tangan. 

Hal ini terbukti dalam firman Allah: 
 
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا 
 
Artinya: Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan., Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS: al-Isra’ ayat 70)

Dengan penjelasan tersebut di atas, sebetulnya memberikan sebuah pesan moral. Bahwa kemuliaan yang Allah berikan kepada umat Islam bisa kita dapat dengan baik selama kita mampu menghadirkan takwa.

Allah berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 
 
Artinya:Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal .(QS: Al-Hujurat ayat 13) 
 
Simpulnya, sebagaimana kita ketahui bahwa takwa berarti melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Semoga Bermanfaat..... 

In Frame
Duduk Sejenak, Memaknai Takwa

Tidak ada komentar: