Rabu, 03 April 2024

Manusia Pembelajar

Manusia Pembelajar

Jadilah manusia pembelajar agar semua tugas dan peran yang kita lakukan, didasari dengan senang hati. Pahami dengan benar tugas kita masing-masing agar sanggup menunaikan amanah dengan baik.

Mesti diingat pula bahwa untuk mencapai sebuah keberhasilan, tidak bisa mengabaikan peran serta orang lain. Misalnya, sebuah lembaga pendidikan akan mencapai tujuannnya jika setiap orang di dalamnya pada semua posisi bersinergi dan menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh.

Dengan memahami peran masing-masing, seseorang akan terhindar dari perasaan iri hati. Hanya akan fokus pada kebaikan apa yang akan dilakukannya. Mengerahkan semua tenaga untuk membantu mencapai tujuan bersama. Allah SWT berfirman, “….Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa….” (QS al-Maidah: 2).

Dengan demikian, teruslah saling tolong-menolong dalam kebaikan. Bila pun ada perbedaan pendapat atau ketersinggungan, maafkanlah. Tak elok menyimpan kebencian hingga terbawa tidur. Biasakan hati kita lapang dari kebencian.

Ingatlah, berseteru itu tidak seru, mengalah tidak berarti kalah. Lengkapkan kekuatan yang berserak karena hakikatnya manusia itu selalu disertai kelemahan. Jahitlah semua potensi dan terus bersinergi agar berlipat ganda energi.

Semoga Bermanfaat..... 

In Frame, 
Ngancani Wong-Wong Hebat

Tidak ada komentar: