Senin, 28 Agustus 2023

Apa Kaitannya antara Pendidikan, Pembelajaran, dan Belajar?

Apa kaitannya antara Pendidikan, pembelajaran, dan belajar? 

Memahami unsur pokok dalam orientasi dasar-dasar kependidikan adalah suatu hal yang teramat penting. Sebagaimana memahami makna unsur-unsur dibawah ini, 

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan guru yang melakukan perancangan setiap kegiatan yang akan dilakukan untuk membantu peserta didik aktif mempelajari atau menguasai materi pelajaran. 

Proses pembelajaran menuntut guru sebagai pendidik untuk mengetahui kemampuan dasar, motivasi, latar belakang akademik, latar belakang sosial ekonomi d. s. t.

Belajar adalah proses perubahan tingkah laku peserta didik yang permanen dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak mengerti menjadi mengerti akibat perolehan pengalaman dari proses pembelajaran dan bukan dari proses kedewasaan.

Peserta didik telah mendapatkan proses belajar yang baik apabila terlihat perubahan berfikir, merasa dan melakukan pada dirinya.

Lalu apa kaitannya antara Pendidikan, pembelajaran, dan belajar? 

Apabila pengertian dari masing-masing aspek tersebut dibuat menjadi satu pengertian, dapat ditarik kesimpulan. 

Bahwa di dalam pendidikan (lembaga formal) terdapat proses interaksi antara guru dan peserta didik (pembelajaran) yang kemudian memunculkan pengalaman dan terbentuklah perubahan tingkah laku (belajar) yang permanen pada diri peserta didik.

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah..... 
#Salam Membangun Peradaban Dengan Keadaban..... 
#Salam Perubahan Menuju Kemajuan Dengan Tujuan..... 
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa....

In Frame
Interaksi Pendidikan, Pembelajaran, Belajar

Tidak ada komentar: