Kamis, 24 Agustus 2023

Konteks Pendidikan

Konteks Pendidikan

Dalam konteks pendidikan, melesatnya perkembangan teknologi semakin mencitrakan wajah pendidikan yang serba mudah (terlepas dari sisi kekurannya). 

Kemudahan ini diindikasikan dengan pertemuan virtual, penugasan online, FGD dengan basis aplikasi, sampai evaluasi kinerja berbasis IT semua.

Segala kebutuhan dapat diterjemahkan dengan pendekatan teknologi.

Sehingga, PR besar bagi para pendidik dan pengajar kini adalah bagaimana pendidikan itu tidaklah sekedar transfer of knowledge dan transfer of value akan tetapi bagaimana "transfer" itu berubah bentuk menjadi "transform."

Kita sangat butuh para pendidik yang tidak hanya memindahkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan itu melalu pengajaran, tapi lebih urgen dari itu adalah bagaimana para pendidik atau pengajar mampu mencetak peserta didik sesuai dengan kompetensi dan skill yang dibutuhkan.

Transformasi dapat dipahami sebagai penciptaan kembali aspek-aspek kognitif, apektif, dan psikomotor yang diselaraskan dengan perkembangan era kekinian.

Aspek nilai kehidupan yang menjadi landasan ketiga domain itu (kognitif, apektif dan psikomotor) harus menjadi hidup dalam tataran praktik kehidupan peserta didik.

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah..... 
#Salam Membangun Peradaban Dengan Keadaban..... 
#Salam Perubahan Menuju Kemajuan Dengan Tujuan..... 
#Salam Satu Jiwa Buktikan Kita Pasti Bisa..... 

In Frame
Menciptakan Domain Pendidikan

Tidak ada komentar: