Senin, 25 Maret 2024

Puasa: Ramadhan Bagi Umat Islam

Puasa: Ramadhan Bagi Umat Islam

Ibadah puasa bukan hanya diwajibkan kepada Umat Nabi Muhammad  saja, Umat Nabi sebelum kita pun berpuasa, seperti puasanya Nabi Musa 40 hari, puasa Nabi Daud sehari puasa sehari tidak dalam satu tahun 6 bulan, bahkan ada puasa yang lebih berat lagi, yaitu puasa nazar  Nabi Zakaria  selain tidak boleh makan, minum, hubungan suami Istri di siang hari, juga tidak boleh berbicara. 

Makhluk Allah lain pun berpuasa seperti  ayam, ular, ulat dan lainnya. Namun tujuan puasa  binatang tersebut sudah tentu berbeda dengan  puasa kita. 

Jika ayam puasa dengan cara mengeram, tujuannya untuk mendapatkan keturunan. Ular berpuasa  dengan cara  ganti kulit, tujuannya agar kulitnya kebal dari tusukan duri dan kerikil tajam. Ulat berpuasa dengan cara berubah menjadi kepompong dan kupu-kupu, tujuannya supaya terlihat indah. 

Maka puasa ramadhan  bagi umat Islam, tujuannya supaya menjadi Insan kamil (manusia sempurna)  dan manusia sempurna itu adalah mereka yang menyandang predikat muttaqin atau dalam Al-Qur’an disebut La’allakum Tattaqun.

Semoga Bermanfaat..... 

In Frame
Kebersamaan Ramadhan 1445 H

Tidak ada komentar: