Rabu, 22 Maret 2023

Berdzikir Dengan Tasbih

Berdzikir Dengan Tasbih

Berdzikir adalah salah satu cara seorang hamba untuk mengingat segala kebaikan-Nya. 

Ketika berdzikir hendaknya selalu dalam keadaan suka sebagaimana kita mengingat seseorang yang dicintai dan memujinya, begitulah ketika bertasbih menyebut nama-Nya.

Selain itu, juga ada ketentuan dimana Allah SWT menyukai hambaNya yang bertasbih dengan jumlah yang ganjil yakni dengan kelipatannya.

Maka pada zaman Nabi, Rasulullah memulai serangkaian dzikir dengan ruas jari tangan kanannya.

Kemudian, lambat laun umatnya menemukan cara baru untuk menggunakan media kerikil dan biji-bijian untuk dijadikan tasbih.

Ini berawal saat Rasulullah menemui seorang wanita dan di sekitar wanita itu terdapat banyak kerikil dan biji-bijian lantas Beliau memberitahu keutamaan keduanya untuk dipakai untuk berbagai macam dzikir melantangkan asma Allah.

Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Hibban, dan Al Hakim, “Bahwa dia (Sa’ad) bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam masuk menemui seorang wanita, dan dihadapan wnaita itu terdapat biji-bijian atau kerikil. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Maukah kau aku beritahu dengan yang lebih mudah bagimu dari ini atau lebih utama? (Lalu nabi menyebutkan macam-macam dzikir yang tertulis)”

Banyak yang memiliki pendapat akan pemakaian ronce dari kerikil atau biji-bijian ini untuk tasbih.

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah.....
#Salam Membangun Peradaban Dengan Keadaban.....
#Salam Perubahan, Menuju Kemajuan, Dengan Tujuan.....
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa.....

In Frame
Adik Tsabita Shifwa Aryanta Siswanto Belajar Megang Tasbih

Tidak ada komentar: