Senin, 20 Maret 2023

Penggerak Perubahan Pendidikan

Penggerak Perubahan Pendidikan

Penggerak perubahan pendidikan merupakan aktor yang bisa menginisiasi, mencoba, mengembangkan dan mewujudkan perubahan yang khas bagi pendidikan.

Penggerak perubahan pendidikan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Merdeka Belajar.
Pemimpin merdeka belajar memiliki pengetahuan tentang manfaat merdeka belajar dan memperagakan merdeka belajar dalam konteks kepemimpinan dan pembelajaran.

Merdeka belajar berarti mengatur belajarnya sendiri. Merdeka belajar merupakan ide dan praktik baru yang akan disebarkan sebagai perubahan.


2. Bekerjasama dalam komunitas.
Peran penggerak perubahan adalah sebagai penghubung antara ide dan praktik merdeka belajar dengan komunitas pendidik.

Penggerak perubahan mempunyai kecenderungan berinteraksi dalam komunitas sehingga semakin sering terlibat dalam komunitas maka pemimpin merdeka belajar semakin mungkin  menemukan pengikut pertama.

3. Inovatif Menggerakkan Perubahan. Menghubungkan antara ide dan praktik merdeka belajar dengan komunitas pendidik bukanlah hal mudah. 

Hal ini membutuhkan kemampuan melakukan penyesuaian dan jika perlu melakukan inovasi.
Penggerak perubahan siap menginiasi perubahan yang ada di lingkungan internal dan eksternal sekolah serta melakukan perubahan itu secara berkelanjutan.

Hal ini memerlukan perubahan pada diri sendiri untuk mengembangkan kemampuannya sehingga selalu menyesuaikan diri ketika berinteraksi dengan komunitas dan berinovasi memunculkan ide dan praktik baru dalam melakukan perubahan.

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah.....
#Salam Membangun Peradaban, Dengan Keadaban.....
#Salam Perubahan, Menuju Kemajuan, Dengan Tujuan.....
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa.....

In Frame
Sejenak Bersama Aktor Penggerak Perubahan Pendidikan

Tidak ada komentar: