Minggu, 28 Juli 2024

Iman kepada kitab Allah SWT (K12/B1/P2)

Iman kepada kitab Allah SWT (K12/B1/P2) 

Iman kepada kitab Allah SWT adalah rukun iman yang ketiga. Perintah beriman kepada kitab Allah SWT tercantum dalam Al-Qur'an surah An Nisa ayat 136. Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh."

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya, ayat tersebut mengandung makna bahwa Allah SWT memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman untuk mengamalkan semua syariat iman dan cabang-cabangnya, rukun-rukunnya serta semua penyanggahnya.

Menurut Ibnu Katsir, maksud kitab Allah SWT dalam surah An Nisa ayat 136 tersebut adalah kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan semua jenis kitab yang terdahulu.

Iman kepada kitab Allah SWT diartikan sebagai meyakini dengan sepenuh hati serta disampaikan dengan lisan bahwa Allah SWT menurunkan kitab kepada Rasul-Nya, yang bertujuan sebagai pedoman manusia dalam menjalani kehidupan. Keyakinan ini haruslah ditanamkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan atau perilaku sehari-hari.

Adapun maksud dari beriman terhadap kitab Allah SWT, dalam buku Aqidah Akhlak kelas VIII oleh Taofik Yusmansyah adalah:

Pertama, mengimani bahwa semua kitab dan suhuf merupakan wahyu yang Allah SWT turunkan kepada Rasul-Nya.

Kedua, iman kepada kitab juga berarti mengimani kitab Allah SWT yang diturunkan, baik diketahui namanya atau tidak.

Ketiga, beriman kepada kitab juga membenarkan berita-berita yang benar dan tidak bertentangan dengan Al-Qur'anAl-Qur'an. 

Keempat, iman kepada kitab Allah SWT juga termasuk mengamalkan hukum yang ada dalam kitab tersebut, yaitu hukum yang tidak bertentangan dan tidak dihapus oleh Al Qur'an.

Semoga Bermanfaat....

Tidak ada komentar: