Minggu, 28 Juli 2024

Surat At Taubah ayat 105 (K11/B1/P2)

Surat At Taubah ayat 105 (K11/B1/P2) 


Surat At Taubah termasuk golongan surat Madaniyyah yang diturunkan pada tahun 9 H atau setelah perang Tabuk. 

Pada ayat yang ke 105 ini terdapat pesan penting berupa anjuran untuk seluruh muslim agar beramal sholeh.
Berikut bacaan lengkap surat At Taubah ayat 105. Allah SWT berfirman,

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

Artinya: "Katakanlah (Nabi Muhammad), 'Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan.'"

Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105 melalui ayat ini, Allah SWT memerintahkan kepada rasul-Nya untuk menyampaikan kepada muslim cara bertobat dan membersihkan diri dari dosa-dosa. 

Salah satunya mengerjakan amal sholeh seperti, bersedekah, mengeluarkan zakat, dan melakukan amal kebajikan sebanyak mungkin.

Selain itu, Allah SWT juga mengarahkan rasul-Nya untuk menginformasikan kepada umatnya bahwa jika mereka melaksanakan amal-amal sholeh tersebut, Allah SWT, para rasul, dan mukmin-mukmin lainnya akan mengamati dan menilai amal-amal mereka.

Kemudian, amal-amal tersebut akan dibawa ke dunia akhirat, di mana mereka akan mendapatkan balasan atas amal-amal yang telah mereka lakukan selama hidup di dunia. 

Allah SWT memberikan pahala berlipat ganda kepada mereka yang menjadi teladan, tanpa mengurangi pahala bagi mereka yang mengikuti teladan tersebut.

Di samping itu, muslim dianjurkan tidak sekadar merasa cukup dengan bertobat, mengeluarkan zakat, bersedekah, dan melaksanakan salat. Namun, mereka harus benar-benar menjalankan semua perintah yang diberikan kepada mereka.

Semoga Bermanfaat... 

Tidak ada komentar: