Rabu, 31 Juli 2024

Ruh Organisasi

Ruh Organisasi

Bagian penting dari kehidupan, termasuk kehidupan organisasi, adalah nyawa atau ruhnya. Bagian luar yang disebut raga dalam kehidupan juga penting. 

Akan tetapi, bagian luar atau disebut raga tanpa nyawa atau ruh, maka akan segera membusuk. Sebaliknya, jika nyawa atau ruh yang dimaksudkan itu masih ada, maka kehidupan masih bisa bertahan.

Ruh atau nyawa organisasi, oleh kebanyakan orang, digambarkan dalam visi dan misinya. Keberadaan organisasi biasanya mengemban cita-cita atau tujuan akhir yang ingin diraih. Itulah visi dan misi organisasi. 

Semakin jelas orientasi dan tujuan akhir itu berhasil dirumuskan dan dipahami oleh seluruh pihak yang terlibat pada organisasi itu maka menjadi petanda bahwa institusi itu sehat.

Banyak organisasi yang oleh karena sudah berumur panjang, menjadikan misi dan visinya tidak dipahami lagi secara jelas.

Kehidupan organisasi dimaksud sudah menjadi rutin dan akhirnya tidak diketahui lagi arah dan orientasi gerakannya. Apa yang dilakukan bukan atas dasar kepentingan organisasi, melainkan atas kepentingan pihak lainnya. 

Organisasi dimaksud bergerak oleh karena digerakkan oleh kekuatan di luar dirinya. Institusi yang digambarkan demikian itu sebenarnya sudah tidak terlalu sehat.

Semoga Bermanfaat.... 

In Frame, 
Siapa Kita? 

Tidak ada komentar: