Sabtu, 19 Maret 2022

Rapat: Penyamaan Persepsi Dalam Satu Tujuan

Dalam sumber referensi keilmuan manajemen tersebutkan, rapat merupakan pertemuan atau berkumpulnya minimal dua orang atau lebih untuk memutuskan suatu tujuan tertentu sebagaimana yang dimaksudkan. (Baca: Unsur & Prinsip Manajemen)

Dalam satu kesempatan, rapat juga dapat dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi antar seseorang,  pimpinan  suatu lembaga atau organisasi dengan bawahan atau staffnya. (Baca: Kepemimpinan Organisasi) 

Dalam suatu kepemimpinan organisasi, rapat juga dapat diartikan sebagai media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka yang sering diselenggarakan atau dilakukan oleh banyak organisasi baik itu swasta ataupun pemerintah untuk mencapai suatu tujuan sebagaimana yang dimaksudkan. (Baca: Tata Tertib Organisasi) 

Esensi dari rapat itu sendiri sering dijadikan seseorang atau sekelompok orang untuk menyatukan pemikiran guna melaksanakan urusan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkan bersama. (Baca: Tujuan Rapat Dalam Lembaga) 

Sasaran akhir diadakannya rapat yaitu untuk mempertemukan peserta rapat secara langsung demi terjalinnya komunikasi, agar peserta rapat dapat berkontribusi langsung dalam pembicaraan sehingga pemikiran ide untuk penyelesain masalah dapat tersampaikan langsung, agar peserta rapat dapat terangsang secara lansung dalam memahami setiap permasalahan yang dihadapi, agar peserta rapat dapat sama-sama berkontribusi dalam pencapaian tujuan tertentu. (Baca: Idealita & Realita  Organisasi)

Titik temu benang merahnya pada rapat adalah dilakukannya pembahasan hal-hal terkait persiapan seperti tanggal acara, tempat kegiatan dilaksanakan, jadwal susunan acara, materi yang akan dibahas pada saat rapat koordinasi, dan peserta dalam kegiatan. Serta dibahas pula anggaran kegiatan secara umum dan khusus. (Baca: Pentingnya Rapat Dalam Organisasi) 

Bahasa simpulnya, rapat ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan kegiatan, agar nantinya kegiatan yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang ada, sehingga koordinasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh pimpinan dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat diterima dengan baik oleh bidang-bidang yang terkait. (Baca: Dasar, Tujuan Dalam Berorganisasi)


#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah...
#Salam Perubahan, Menuju Kemajuan, Dengan Tujuan...
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa... 

Tidak ada komentar: