Selasa, 18 Juni 2024

Para Periset & Standar Global

Para Periset & Standar Global

Menulis di jurnal internasional sangat penting bagi para periset. Melalui jurnal yang memiliki standar global yang tervalidasi, mampu meningkatkan indikator kompetensi periset dan kualitas risetnya. 

Sejumlah alasan yang mendasar, mengapa publikasi harus diterbitkan di jurnal internasional. 

Pertama, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipahami oleh seluruh dunia, sehingga dapat digunakan untuk berbagi ilmu pengetahuan. Kedua, jika seorang peneliti tidak berhasil mempublikasikan hasil penelitian di jurnal internasional, dapat berdampak pada dicabutnya jabatan fungsional peneliti. Ketiga, yaitu memperoleh pengakuan untuk hasil penelitian yang telah dilakukan. Keempat, hasilnya dikonfirmasi oleh rekan sejawat melalui proses review (penelaahan). Kelima, untuk penulisan dengan reputasi internasional memungkinkan kolaborasi antar beberapa peneliti lintas satuan kerja. Terakhir, untuk memenuhi persyaratan kenaikan jenjang  pangkat fungsional peneliti.

Ini adalah lima alasan mendasar yang seharusnya menjadi motivasi kita bersama sebagai periset yang handal. Yang diharapkan mampu mewarnai zaman sesuai bidang atau kepakaran kita masing-masing.

Semoga Bermanfaat.... 

In Frame
Bersama Peneliti Handal

Tidak ada komentar: