Minggu, 03 Desember 2023

MASYARAKAT MADANI: Konsep & Unsurnya

MASYARAKAT MADANI: Konsep & Unsurnya

Konsep masyarakat Madani  atau sipil (civil society) telah ada sejak lama. Aristoteles, seorang filsuf Yunani mengatakan bahwa masyarakat sipil merupakan sebuah sistem kenegaraan yang identik dengan negara.

Masyarakat Madani atau sipil adalah sebuah komunitas politik. Di dalamnya, orang-orang bisa langsung terlibat pengambilan keputusan di bidang politik dan juga di bidang ekonomi.

Thomas Hobbes dan John Locke berpendapat bahwa masyarakat sipil adalah sebuah evolusi dari masyarakat alami atau natural society. 

Kekuasaan masyarakat sipil haruslah mutlak untuk meredam konflik menurut Thomas Hobbe

John Locke berpendapat bahwa masyarakat sipil harusnya merupakan sebuah wadah yang bisa melindungi hak-hak setiap warga negara.

Selain berpegang pada konsep civil society, masyarakat madani juga terinspirasi dari model masyarakat ideal yang berhasil dibangun oleh Nabi Muhammad saw. Saat beliau berada di Madinah. 

Sedangkan untuk mewujudkan masyarakat madani memerlukan proses dan unsur-unsur tertentu.

Berikut adalah beberapa hal yang merupakan unsur dari masyarakat madani:

(1)Ruang Bebas Publik
Masyarakat memiliki keleluasaan akan adanya kegiatan publik secara bebas. Dengan prinsip ini masyarakat memiliki kebebasan dalam hal memberikan pendapat, ataupun mempublikasikan sebuah informasi kepada khalayak umum sepanjang mengikuti norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.

(2)Demokrasi
Ini unsur yang tak kalah penting dalam perwujudan masyarakat madani. Apabila masyarakat tidak memiliki demokrasi maka bagaimana bisa mereka mengeluarkan aspirasi?

Demokrasi ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi masyarakat untuk mewujudkan sebuah tatanan sosial dari masyarakat untuk masyarakat.

(3)Toleransi
Untuk menghindari adanya konflik dan mewujudkan masyarakat yang aman dan damai, perlu adanya toleransi antarkelompok dan antarindividu. Toleransi artinya menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain sepanjang itu tidak merugikan pihak lain.

(4)Pluralisme
Setiap elemen dari masyarakat tentu memiliki perbedaan masing-masing. Namun, terwujudnya masyarakat madani bukanlah perkara kesamaan antara semua elemen.

Masyarakat madani merupakan sebuah masyarakat yang memiliki perbedaan satu sama lain, tetapi mereka menyadari bahwa ada keberagaman yang wajib dihormati di dalamnya.

(5)Keadilan Sosial
Hal yang membuat adanya chaos dan ketimpangan di tengah masyarakat adalah hukum yang pandang bulu begitu juga perlakuan pemerintah.

Untuk mewujudkan masyarakat madani, hal ini tidak boleh dibiarkan. Harus ada keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama dari pihak pemerintah yang diberi mandat kekuasaan.

Semoga Bermanfaat... 

In Frame
Semangat Belajar

Tidak ada komentar: