Rabu, 20 Desember 2023

Memahami Nikah & Hikmahnya

Memahami Nikah & Hikmahnya

Pernikahan dalam agama Islam bisa didapatkan oleh kedua mempelai wanita maupun pria dalam membangun rumah tangga. Islam sendiri mengajarkan bahwa menikah adalah ibadah terpanjang yang dilakukan oleh dua belah pihak, yakni suami dan istri. Selain untuk beribadah, sebuah pernikahan adalah cara untuk menyalurkan kebutuhan biologis seseorang dalam hubungan yang sah.
    
Diantara hikmah pernikahan yang bisa didapat oleh umat Islam antara lain, 

1. Memenuhi Tuntutan Fitrah. Pernikahan disyari’atkan dalam Islam dengan tujuan memenuhi fitrah tersebut. Islam tidak menghalangi dan menutupi keinginan ini, bahkan melarang kehidupan umat Muslim yang menolak pernikahan.

2. Menghindari Perusakan Moral. Islam hadir memberikan solusi perilaku menyimpang melalui pernikahan. Ini menjadi salah satu hikmah pernikahan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Termasuk dalam hal ini untuk menjaga (himayah) masyarakat dari tersebarnya perilaku-perilaku buruk, perilaku-perilaku menyimpang seperti zina, perselingkuhan, dan lain sebagainya.

3. Mewujudkan Ketenangan Jiwa. Dengan melakukan perkawinan, manusia akan mendapatkan kepuasan jasmaniah dan rohaniah berupa kasih sayang, ketenangan, ketenteraman, dan kebahagiaan hidup. Allah SWT berfirman: 

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
        
Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar-Rum: 21)

4. Menyambung Keturunan. Maksudnya dalam hal ini, dengan melahirkan anak-anak yang shalih, beriman dan bertakwa. 

Anak yang cerdas secara emosional dan intelektual juga dibutuhkan untuk melanjutkan syiar agama yang dibawa orangtuanya. 

Dengan menikah, semua hal itu dapat terwujud. Sehingga keturunan dan generasi Islam yang unggul pun dapat terus ada dan berkelanjutan.

Empat hikmah pernikahan tersebut mencerminkan keindahan Islam dalam membangun masyarakat yang berkeadaban dan menciptakan generasi yang unggul, religius, dan berdaya saing.

Semoga Bermanfaat..... 

In Frame
Nilai Filosofis

Tidak ada komentar: