Minggu, 03 Desember 2023

MASYARAKAT MADANI: Pengertian & Cirinya

MASYARAKAT MADANI: Pengertian & Cirinya 

Masyarakat Madani adalah sebuah istilah yang digunakan para cendekia muslim modern di Indonesia yang merujuk kota di Jazirah Arab sebagai tempat kaum muslim membangun peradaban pada masa Rasulullah, yakni kota Madinah.

Bisa dikatakan Masyarakat madani merupakan sebuah gambaran ideal peradaban yang mana memang sedikit menantang untuk diwujudkan. 

Namun, dengan memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait masyarakat madani, niscaya masyarakat pun akan mulai menyadari pentingnya pembentukan karakter yang di imbangi dengan pengetahuan dan teknologi.


(A)Pengertian Masyarakat Madani, 
Pengertian Masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, beradab dan memahami perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan.

Kata madani berasal dari bahasa Arab yang berarti beradab. Sementara dalam bahasa Inggris disebut dengan civilized atau civil society yang bermakna masyarakat sipil.

Masyarakat sipil sendiri adalah masyarakat yang berada dalam sebuah ruang lingkup sistem sosial yang mampu berdemokrasi.

Istilah Masyarakat Madani dikemukakan pertama kali oleh mantan wakil perdana menteri dari negeri Jiran Malaysia yakni Anwar Ibrahim. 

Ia mengartikan masyakarat madani sebagai sebuah sistem sosial yang subur dengan berlandaskan pada prinsip moral yang mampu untuk menjamin keseimbangan di antara kestabilan masyarakat dan juga kebebasan individu.


(B)Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli, 
(1)Menurut Syamsudin Haris, Masyarakat madani adalah sebuah lingkup sosial yang lepas dari pengaruh negara dan tersusun dari sebuah struktur yang paling akrab, seperti keluarga, organisasi sosial, dan sebagainya. 

Masyarakat madani merupakan sebuah proses pembentukan peradaban yang merujuk pada nilai-nilai kebijakan bersama berlandaskan suatu pedoman hidup untuk menciptakan integrasi sosial dan persatuan.

(2)Menurut Ernest Gellner Masyarakat sipil atau civil society menurut Ernest Gellner adalah suatu masyarakat yang terdiri atas institusi non-pemerintah otonom, kuat dalam mengimbangi suatu negara.

(C)Ciri-Ciri Masyarakat Madani, 
Ada beberapa ciri yang menandai sebuah masyarakat madani. Sebagaimana pendapat Bahmuller adalah sebagai berikut:

(1)Penyebaran kekuasaan terjadi di tengah masyarakat dan beragam kepentingan yang mendominasi bisa dibatasi oleh kekuatan-kekuatan alternatif.

(2)Terdapat integrasi antara satu individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, antara individu dengan media berupa kontrak atau aliansi sosial.

(3)Meningkatnya kepercayaan antara satu individu dengan individu lainnya di dalam masyarakat sehingga tidak akan membuat masyarakat merasa terikat satu sama lain dan mengutamakan kepentingan bersama.

(4)Penjembatanan kepentingan individu dengan pemerintah melalui adanya organisasi-organisasi atau lembaga sosial tertentu.

Semoga Bermanfaat..... 

In Frame
Sejenak Berdiskusi

Tidak ada komentar: