Minggu, 03 Desember 2023

MASYARAKAT MADANI: Pilar Penegaknya

MASYARAKAT MADANI: Pilar Penegaknya

Pilar penegak masyarakat madani atau sipil merupakan berbagai lembaga yang bisa melakukan kontrol sosial terhadap pemerintah.

Terwujudnya masyarakat madani tentu tak bisa dilepaskan dari peran serta masyarakat dan kekuasaan pemerintah yang tidak absolut.

Meskipun begitu, kritik dan aspirasi dari masyarakat haruslah membangun dan tidak bertujuan menciptakan chaos di tengah masyarakat itu sendiri.

Berikut merupakan berbagai pilar yang dapat mendukung terwujudnya masyarakat madani dalam sebuah negara.

(1)Keberadaan Pers
Pers merupakan lembaga yang menjadi watchdog di tengah masyarakat. Pers berfungsi untuk mengedukasi masyarakat, menyampaikan informasi, sekaligus menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

Dalam fungsinya ini, pers haruslah independen alias bebas dari kepentingan-kepentingan tertentu. Independensi pers membuatnya mampu menyampaikan aspirasi siapa saja tanpa terkecuali.

Selain itu, dengan adanya independensi, berita yang disampaikan oleh pers benar-benar apa adanya dan tidak bertujuan untuk memanipulasi masyarakat.

Ada banyak pers yang memiliki agenda besar tertentu, bahkan bertujuan untuk menjadi back-up power pemerintah. Ini sesuatu yang harus disikapi dengan serius.

Apabila pers selalu pasang badan untuk pemerintah, penyampaian informasi pun tidak akan sahih dan ini merugikan masyarakat.

(2)Adanya Supremasi Hukum
Semua warga negara tanpa terkecuali wajib patuh kepada hukum yang berlaku. Ini membuat kondisi di tengah masyarakat menjadi aman dan kondusif.

Selain itu, supremasi hukum juga bisa memastikan pemerintah melakukan tugas-tugasnya dengan baik.

Namun, hukum tidak boleh berat sebelah apalagi menjadi alat bagi pemerintah untuk melakukan sebuah tindakan represif bagi masyarakat. Hukum haruslah dapat melindungi masyarakat dan sekaligus dipatuhi oleh pemerintah

Terwujudnya supremasi hukum kuat dan tidak berat sebelah menjadi sebuah kontrol sosial untuk terus mewujudkan kondisi yang kondusif di tengah masyarakat.

(3)Lembaga Swadaya Masyarakat
Adanya peran serta lembaga swadaya masyarakat penting untuk mewujudkan hak-hak masyarakat serta menciptakan kondisi yang kondusif di tengah masyarakat.

LSM tidak hanya berfungsi untuk mewujudkan hak masyarakat. LSM juga harus hadir sebagai kontrol dan pengamat bagi pemerintah. Dengan cara ini, maka pemerintah pun tidak akan seenaknya dalam menjalankan tugasnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, LSM hendaknya mampu untuk netral dan tidak memiliki agenda khusus yang merugikan masyarakat.

(4)Partai Politik
Inilah sebuah hal yang menjadi pilar bagi masyarakat demokratis dan madani. Partai politik seharusnya menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan pandangan politiknya.

Partai politik juga harus mampu membawa ideologi tertentu yang tentunya tidak melanggar hukum yang berlaku di sebuah negara. Maka, dalam hal ini, sebuah partai politik seharusnya konsisten dan punya tujuan jelas.

Sayangnya, kiwari ini berbagai partai politik justru menjadi alat dari pihak-pihak tertentu untuk melanggengkan kekuasaan. Aspirasi masyarakat tidak tersampaikan dengan baik.

Bahkan, mereka pun secara gamblang menunjukkan keinginan untuk berkuasa. Tak jarang partai-partai politik dengan ideologi yang berbeda-beda justru berkoalisi untuk membagi-bagi porsi kekuasaan.

(5)Perguruan Tinggi
Perguruan tinggi berfungsi sebagai tempat untuk mendidik masyarakat. Adanya perguruan tinggi dapat mewujudkan pemikiran masyarakat yang kritis sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat untuk berkarya dan mampu berpikir secara linear.

Namun, perguruan tinggi harus menjadi lembaga yang netral. Perguruan tinggi harus lepas dari kepentingan-kepentingan tertentu apalagi yang sifatnya berhubungan dengan politik praktis.

Maka dari itu, penting sekali diadakan pengawasan bagi perguruan tinggi dari seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan netralitas tersebut.

Itulah berbagai definisi dan juga hal-hal yang terdapat pada masyarakat madani. mulai dari pengertian masyarakat madani, sejarah dan lain sebagainya.

Apabila semua unsur terpenuhi dan ada kemauan kuat baik dari pemerintah maupun masyarakat untuk mewujudkan kepentingan bersama, masyarakat madani pun dapat diwujudkan dengan mudah.

Semoga Bermanfaat... 

In Frame
Tetap Berkarya

Tidak ada komentar: