Jumat, 21 Januari 2022

K-Prototipe

Sebagai bentuk upaya perbaikan & membangun kemajuan dalam dunia pendidikan, pemerintah membuat suatu progres-prospect & impact kurikululum terbarukan yang diberi nama K-Prototipe atau kurikulum Prototipe. Dimana kurikulum ini memiliki kelebihan antara lain:

Sebagai bentuk kunci jawaban dan upaya penyikapan akibat berlangsungnya pandemi (yang menghilangkan potensi pembelajaran literasi & numerasi).

Kurikulum prototipe memiliki karakteristik khusus, di antaranya yakni: proses kegiatan belajar dibuat berdasarkan projek untuk mengembangkan potensi keahlian khusus siswa dengan tetap mengedepankan karakter personal siswa seperti iman, takwa, gotong royong, global, kreatif dan kritis.
Karakter lain dari kurikulum ini adalah lebih menitikberatkan esensi dari tiap materi pembelajaran agar nilai kompetensi di bidang literasi dan numerasi terpenuhi. Dan, guru sebagai tenaga pendidik lebih fleksibel dalam hal penyesuaian muatan lokal yang sesuai dengan kapasitas siswanya.

Struktur Kurikulum Prototipe ini memiliki dua stuktur khusus, yakni kegiatan yang bersifat intrakurikuler dan kegiatan yang bersifat projek baik secara perseorangan maupun kelompok yang proses penerapannya diserahkan sepenuhnya kepada sekolah maupun tenaga pendidik tiap mata pelajarannya.

Kurikulum prototipe juga memiliki perbedaan dalam hal waktu atau jam pelajaran. Jika kurikulum 2013 lebih menghitung jumlah jam pelajaran berdasarkan hitungan minggu, maka kurikulum prototipe menghitung jam pelajaran berdasarkan tahun.

#Semoga Bermanfaat & Menambah Berkah ...
#Salam Perubahan, Menuju Kemajuan, Dengan Tujuan ...
#Salam Satu Jiwa, Buktikan Kita Pasti Bisa ...

Tidak ada komentar: